HUBUNGAN PELAYANAN INFORMASI OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS CILACAP TENGAH I

NYSSA, MULTIASARI (2022) HUBUNGAN PELAYANAN INFORMASI OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS CILACAP TENGAH I. Other thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.

[thumbnail of COVER - HALPENG.pdf] Text
COVER - HALPENG.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

Hipertensi atau darah tinggi termasuk penyakit berisiko dan merupakan penyakit kronis yang pengobataannya seumur hidup. World Health Organization (WHO) menyebutkan ada 50%-70% pasien yang tidak patuh terhadap obat antihipertensi yang diresepkan. Pelayanan informasi obat sangat penting untuk meningkatkan kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat sehingga pada efek selanjutnya dapat meningkatkan keberhasilan terapi dalam pengobatan hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran hubungan pelayanan informasi obat dengan tingkat kepatuhan pasien hipertensi di Puskesmas Cilacap Tengah I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimental dan merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan data yang dilakukan yaitu menggunakan lembar checklist yang sesuai dengan Permenkes No 72 tahun 2016 dan kuesioner Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8). Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Puskesmas Cilacap Tengah I sudah dilaksanakan namun belum maksimal dan belum sesuai dengan Permenkes No 74 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskemas. Tingkat kepatuhan pasien hipertensi di Puskesmas Cilacap Tengah I sudah memiliki tingkat kepatuhan yang baik dengan ditunjukkan jumlah terbanyak pasien hipertensi yang memiliki tingkat kepatuhan tinggi yaitu 54 orang (54%). Tidak ada hubungan pelayanan informasi obat dengan tingkat kepatuhan pasien hipertensi di Puskesmas Cilacap Tengah I ditunjukkan dengan nilai signifikannya ≥ 0,05 yaitu 0,907.

Kata Kunci : Pelayanan Informasi Obat, Kepatuhan, Pasien Hipertensi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Farmasi
Depositing User: Pustakawan UNAIC
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:21
Last Modified: 12 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item
View Item