RASYATI, RASYATI, 108220023 (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGGUNAAN GADGET DAN POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI DI SDN DESA KAWUNGANTEN LOR KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (421kB)
2. BAB I.pdf
Download (155kB)
3. BAB II.pdf
Download (371kB)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (211kB)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (148kB)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
7. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (91kB)
Abstract
Corona virus atau Covid-19 menjadi pandemi di seluruh dunia maupun Indonesia. Pandemi Covid- 19 berdampak besar pada sistem pembelajaran karena pembelajaran dilakukan secara daring atau on line menggunakan gadget. Penggunaan gadget untuk anak usia Sekolah Dasar bisa berdampak positif maupun negatif. Anak lebih sering memainkan gadget daripada bermain dan berinteraksi dengan teman sekitar hal ini bisa menyebabkan anak menjadi seorang individualis. Faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak adalah pola asuh orang tua. Perlakuan orang tua ke anak akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik, penggunaan gadget dan pola asuh dengan perkembangan sosial anak usia sekolah pada masa pandemi. Penelitian ini merupkan penelitian survey analitik dengan desain cross sectional. Sampel adalah siswa kelas V sebanyak 46 anak yang diambil dengan teknik total sampling. Analisis data menggunakan uji univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan karakteristik anak berdasarkan urutan anak (pv = 0,016), penggunaan gadget (pv = 0,033) dan pola asuh (pv = 0,005) serta tidak ada hubungan antara karakteristika anak berdasarkan umur (pv = 0,495), jenis kelamin (pv = 0,825) dengan perkembangan sosial anak usia sekolah pada masa pandemi. Orang tua disarankan dapat membatasi penggunaan gadget pada anak sekolah dengan membuat kegiatan anak bersifat positif seperti mengaji di TPA sehingga anak tidak mengahabiskan waktunya hanya dengan bermain gadget.
Kata Kunci : Karakteristik, Penggunaan Gadget, Pola Asuh Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah, Pandemi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan UNAIC |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 03:09 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 03:09 |
URI: | http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/707 |