TRIYANINGSIH, TRIYANINGSIH (2022) ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RSUD CILACAP. Other thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.
Cover dan Pengesahan.pdf
Download (416kB)
abstrak.pdf
Download (153kB)
Bab 1.pdf
Download (270kB)
Bab 2.pdf
Download (368kB)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (312kB)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (700kB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja atau hasil yang dirasakan dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan kefarmasiaan di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model service quality. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui survey kuesioner dengan indikator 5 dimensi servqual kepada pasien BPJS rawat jalan. Sampel yang dipakai sebanyak 384 responden. kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan instalasi farmasi di RSUD Cilacap berdasarkan 5 dimensi Servqual dikategorikan dalam tingkat sangat puas. Dengan perolehan masing masing dimensi yaitu dimensi tangible/ bukti langsung sebesar 93%, dimensi reliability/ kehandalan 90%, dimensi responsiveness/ daya tanggap 92%, dimensi assurance/ jaminan 93%, dimensi empathy/ empati 93%. Kesesuaian harapan dan kenyataan secara keseluruhan sebesar 92% artinya pelayanan instalasi farmasi telah memenuhi harapan pasien khususnya pasien BPJS dengan kategori sangat puas.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Pelayanan Kefarmasian, Metode Servqual
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Farmasi |
Depositing User: | Pustakawan UNAIC |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 03:04 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 03:55 |
URI: | http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/118 |