ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK SURYA FARMA 912 CILACAP PERIODE APRIL TAHUN 2022

FERDI IRWAN, SYAHPUTRA (2022) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK SURYA FARMA 912 CILACAP PERIODE APRIL TAHUN 2022. Other thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of ABSTRAK .pdf] Text
ABSTRAK .pdf

Download (2MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Tingginya tingkat kesadaran masyarakat dalam hal kesehatan, serta adanya perkembangan teknologi dan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan semakin luas, kita sebagai tenaga kefarmasian sangat dituntut dalam meningkatkan kemampuan dan kecakapan untuk mengatasi permasalahan yang mungkin timbul pada saat melaksanakan pelayanan kefarmasian. Penelitian ini dilakukan pada Apotek Surya Farma 912 Cilacap dengan pasien yang berkunjung di Apotek Surya Farma 912 sebanyak 12.000an pertahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Surya Farma 912 Cilacap. Pemberian informasi obat memiliki peranan penting untuk mencapai hasil pengobatan yang optimal, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Dampak dari tidak adanya pelayanan informasi obat kemungkinan kejadian interaksi obat maupun efek samping meningkat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan kuesioner yang di berikan kepada 290 responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini berdasarkan teknik purposive samping. Objek yang diamati dalam kegiatan ini adalah tentang tingkat kepuasan responden terhadap pemberian informasi obat di apotek. Hasil penelitian tentang Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Surya Farma 912 Cilacap yang dilaksanakan pada bulan April 2022 dengan sampel sejumlah 290 responden yang menunjukkan bahwa persepsi tingkat kepuasan terbesar pada dimensi penampilan (tangible) 81,31% dengan klasifikasi sangat Puas, dimensi jaminan (assurance) 79,56% dengan klasifikasi puas, pada dimensi empati (emphaty) 81,30% dengan klasifikasi sangat puas, selanjutnya dimensi ketanggapan (responsiveness) 81,13% dengan klasifikasi sangat puas dan yang terakhir dimensi kehandalan (reliability) 81,29% dengan klasifikasi sangat puas. Persentase rata-rata tingkat kepuasan responden terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Surya Farma 912 Cilacap secara keseluruhan sebesar 80,91% dengan klasifikasi kepuasan adalah sangat puas.

Kata kunci : Apotek, Dimensi, Responden Kepuasan, Pelayanan Informasi Obat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustakawan UNAIC
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:31
Last Modified: 13 Feb 2023 07:32
URI: http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item
View Item