PERBEDAAN KEPUASAN ANTARA PASIEN PESERTA BPJS MANDIRI DAN UMUM TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN UPTD PUSKESMAS PATIMUAN

HENDRA, SETIAWAN (2023) PERBEDAAN KEPUASAN ANTARA PASIEN PESERTA BPJS MANDIRI DAN UMUM TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN UPTD PUSKESMAS PATIMUAN. Other thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.

[thumbnail of Cover Hendra .pdf] Text
Cover Hendra .pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Abstrak Hendra.pdf] Text
Abstrak Hendra.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Bab-1 Hendra.pdf] Text
Bab-1 Hendra.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Bab-2 Hendra Rev.docx] Text
Bab-2 Hendra Rev.docx

Download (76kB)
[thumbnail of Bab-3 Hendra Rev.pdf] Text
Bab-3 Hendra Rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab-4 Hendra.pdf] Text
Bab-4 Hendra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab-5 Hendra.pdf] Text
Bab-5 Hendra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab-6 Hendra.pdf] Text
Bab-6 Hendra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of Daftar Isi Hendra.pdf] Text
Daftar Isi Hendra.pdf

Download (15kB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pasien, karena kualitas memberikan dorongan kepada pasien untuk menjalin ikatan hubungan yang lebih kuat dengan Puskesmas dan pada akhirnya kepuasan pelanggan dapat meningkatkan jumlah kunjungan Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan antara pasien peserta BPJS mandiri dan umum terhadap kualitas pelayanan rawat jalan Puskesmas Patimuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi perbandingan dan rancangan cross sectional terhadap 66 orang pasien BPJS mandiri dan 66 orang pasien umum di instalasi rawat jalan Puskesmas Patimuan yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien BPJS mandiri dan umum di Puskesmas Patimuan sebagian besar puas terhadap pelayanan rawat jalan, yaitu sebanyak 52 orang (78,8%) pada pasien BPJS mandiri dan 44 orang (66,7%) pada pasien umum. Tidak terdapat perbedaan kepuasan antara pasien peserta BPJS mandiri dan umum terhadap kualitas pelayanan rawat jalan Puskesmas Patimuan (2 = 1,872, pv = 0,171, α = 0,05).

Kata kunci : Perbedaan, kepuasan, kualitas pelayanan rawat jalan, pasien BPJS mandiri, pasien umum

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Pustakawan UNAIC
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:31
Last Modified: 09 Jun 2023 02:31
URI: http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item
View Item