DHAIFA NASWA TRI HILMIYANA, 108120051 and Trimeilia Suprihatiningsih, Trimeilia Suprihatiningsih and Ida Ariani, Ida Ariani (2024) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI UNIVERSITAS AL-IRSYAD CILACAP. Other thesis, UNIVERSITAS AL-IRSYAD CILACAP.
CAVER.pdf
Download (731kB)
BAB I.pdf
Download (303kB)
BAB II.pdf
Download (479kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (475kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (216kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (234kB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (123kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (157kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Regulasi emosi adalah kemampuan seseorang untuk menjaga ketenangan saat menghadapi tekanan yang melibatkan kontrol emosi seseorang khususunya pada mahasiswa pada saat menyelesaikan skripsi. Stres adalah respons fisik dan psikologis terhadap tekanan atau tuntutan yang mengganggu keseimbangan dan stabilitas kehidupan sehari-hari termasuk saat mahasiswa menyusun skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan regulasi emosi dengan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yaitu 50 mahasiswa dan menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang sudah diperoleh kemudian dilakukan uji statistik menggunakan spearman rank. Hasil analisis univariat sebagian besar memiliki regulasi emosi sedang (48%), dan mayoritas tingkat stres sedang dan normal (32%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara regulasi emosi dengan tingkat stres dengan kekuatan hubungan sangat kuat dan arah hubungan berlawanan (p value
= 0,000 < α = 0,05).
Kata kunci : Regulasi Emosi, Tingkat Stres
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | yunitha |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 01:07 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 01:07 |
| URI: | http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/336 |
