IFFAH LU’LU, LUTHFIANA, 108118075 (2023) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI KARANGTAWANG 02. Skripsi thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.
1. SAMPUL.pdf
Download (431kB)
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (550kB)
6. ABSTRAK-1.pdf
Download (405kB)
BAB I-2.pdf
Download (433kB)
BAB II-2.pdf
Download (432kB)
BAB III-2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (606kB)
BAB IV-2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
BAB V-2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (449kB)
BAB VI-1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali dan mengelola perasaan baik perasaan dalam dirinya maupun perasaan pada orang lain. Kemampuan ini sangat penting dalam menjalani kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dan inteaksi teman sebaya dengan tingkat kecerdasan emosional anak usia sekolah di SD Negeri Karangtawang 02. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan rancangan pengambilan data cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 43 siswa dari kelas 4 dan 5 dengan menggunakan teknik total sampling berdasarkan kriteria inklusi dan penelitian ini menggunakan uji statistik spearman rank. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji spearman rank menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara durasi penggunaan gadget dan interaksi teman sebaya 02 dengan tingkat kecerdasan emosional anak usia sekolah di SD Negeri Karangtawang 02 (rho = -245, p-value 0,113) , rho = -0,123, p-value 0,431).
Kata kunci :Durasi penggunaan gadget, interaksi teman sebaya, kecerdasan emosional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan UNAIC |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:11 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:11 |
URI: | http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/485 |