EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG FARMASI UPTD PUSKESMAS KESUGIHAN II KABUPATEN CILACAP TAHUN 2021

Ika, Ani (2021) EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG FARMASI UPTD PUSKESMAS KESUGIHAN II KABUPATEN CILACAP TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf

Download (245kB)

Abstract

Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan informasi obat, kepuasan pasien, harapan pasien dan menganalisis hubungan pelayanan informasi obat dengan kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan secara deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 124 data pasien. Analisis data menggunakan anaisis univariat dan bivariat dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan Pelayanan informasi obat yang diberikan kepada pasien di Ruang Farmasi UPTD Puskesmas Kesugihan II Kabupaten Cilacap menunjukkan bahwa semua pasien mendapatkan pelayanan tentang berapa kali penggunaan obat, waktu penggunaan obat dan cara penggunaan obat (100%), mendapatkan pelayanan informasi pentingnya kepatuhan minum obat (87,1%), mendapatkan pelayanan tentang nama obat, jumlah obat dan kegunaan masing-masing obat (83,06%), mendapatkan pelayanan tentang efek samping obat (71,77%) dan pasien yang mendapatkan leaflet atau brosur (12,9%). Kepuasan pasien rawat jalan di ruang Farmasi UPTD Puskesmas Kesugihan II Kabupaten Cilacap tahun 2021 dengan kategori puas (77.59%). Harapan pasien rawat jalan di ruang Farmasi UPTD Puskesmas Kesugihan II Kabupaten Cilacap tahun 2021 dengan kategori sangat penting (87,25%). Hasil uji ChiSquare, menunjukkan bahwa pemberian leaflet (pv
=0,000) dan informasi nama obat, jumlah dan kegunaan (pv=0,035) berhubungan dengan kepuasan pasien di ruang Farmasi UPTD Puskesmas Kesugihan II Kabupaten Cilacap.

Kata Kunci: Evaluasi, Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan, Harapan, Pasien

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Farmasi
Depositing User: Pustakawan UNAIC
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:47
Last Modified: 09 Aug 2022 03:16
URI: http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/5

Actions (login required)

View Item
View Item