GAMBARAN KECANDUAN GADGET PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI KESUGIHAN 01 CILACAP

LARAS, SUBEKTI , 108222024 (2023) GAMBARAN KECANDUAN GADGET PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI KESUGIHAN 01 CILACAP. Skripsi thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.

[thumbnail of COVER, PENGESAHAN, DAFTAR ISI DLL.pdf] Text
COVER, PENGESAHAN, DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (494kB)

Abstract

Gadget adalah perangkat kecil yang memiliki fungsi khusus yang berkaitan dengan perkembangan teknologi masa kini. Anak usia sekolah banyak menghabiskan waktu game. Tujuan penelitian mengetahui gambaran kecanduan gadget pada anak usia sekolah di SD Negeri 01 Kesugihan. Jenis penelitian adalah deskriptif, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling sehingga didapatkan responden sebanyak 112 siswa. Hasil penelitian anak usia sekolah rata-rata berusia 10,61 tahun, sebagian besar jenis kelaminnya perempuan 56,3%. Aplikasi yang sering digunakan siswa di SD Negeri Kesugihan 01 Cilacap adalah game (48,3%), mayoritas siswa memiliki durasi penggunaan gadget dalam kategori tinggi (64,3%). Kesimpulan siswa kelas 4 sampai 6 di SD Negeri Kesugihan 01 Cilacap mengalami kecanduan gadget dengan kategori tinggi. Saran kepada orang tua agar bersikap tegas kepada anak yang meminta gadget untuk game. Diharapkan kepada pihak sekolah menambah ekstrakurikuler dan bimbingan konseling penggunaan smartphone.
Kata kunci: Anak usia Sekolah, Game, kecanduan gadget.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Pustakawan UNAIC
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:18
Last Modified: 20 Mar 2024 03:18
URI: http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item
View Item