PENGARUH IKLAN OBAT SAKIT KEPALA DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SWAMEDIKASI PADA PARA IBU DI KELURAHAN TEGALREJA

SILVIYA EKI JULIANA, 107.121.010 and MIKA TRI, KUMALA and Tri Fitri Yana, Utama (2025) PENGARUH IKLAN OBAT SAKIT KEPALA DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SWAMEDIKASI PADA PARA IBU DI KELURAHAN TEGALREJA. Other thesis, UNIVERSITAS AL-IRSYAD CILACAP.

[thumbnail of lembar pengesahan & persetujuan.pdf] Text
lembar pengesahan & persetujuan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Swamedikasi adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mengobati penyakit yang tergolong ringan secara mandiri. Salah satu keluhan kesehatan yang sering diobati dengan swamedikasi yaitu sakit kepala. Masyarakat sering menggunakan obat bebas dan bebas terbatas untuk mengobati sakit kepala karena mereka merasa penyakit tersebut tergolong ringan. Perilaku tersebut diyakini dipengaruhi oleh iklan obat yang ditayangkan melalui media massa seperti televisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan obat sakit kepala di televisi terhadap pemilihan obat swamedikasi pada para ibu di Kelurahan Tegalreja. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu yang tinggal di Kelurahan Tegalreja. Teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 34 responden (30,1%) yang terpengaruh iklan obat di televisi dan tidak terpengaruh iklan obat di televisi sebanyak 79 responden (69,9%) dari total 113 responden. Hasil dari uji Chi Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengaruh iklan obat sakit kepala (p-value 0,041) terhadap pemilihan obat sakit kepala. Jenis obat sakit kepala yang banyak dipilih oleh responden yang terpengaruh iklan obat di televisi adalah bodrex.
Kata Kunci : Swamedikasi, Iklan Obat, Obat Sakit Kepala.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: yunitha
Date Deposited: 03 Dec 2025 04:39
Last Modified: 03 Dec 2025 04:39
URI: http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item
View Item