GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RS PERTAMINA CILACAP

SITI KURNIATI, SITI (2024) GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RS PERTAMINA CILACAP. Other thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.

[thumbnail of COVER & PENGESAHAN.pdf] Text
COVER & PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (769kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (821kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Caring adalah perhatian perawat dengan sepenuh hati terhadap pasien
kepedulian, empati, komunikasi yang lemah lembut dan rasa kasih sayang perawat
kepada pasien. Perilaku caring perawat merupakan salah satu aspek yang sangat
berhubungan dengan pelayanan keperawatan, karena caring mencakup hubungan antar
manusia dan berpengaruh terhadap mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku caring perawat di ruang rawat inap RS
Pertamina Cilacap. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi penelitian yaitu semua
pasien yang dirawat di ruang rawat inap dengan jumlah sampel 86 responden. Sampel
diambil secara probability sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dimulai
bulan Maret sampai Juni 2024. Pengolahan data dilakukan secara univariat. Hasil
univariat didapatkan 85% perawat di ruang rawat inap berperilaku caring baik, 15%
perawat di ruang rawat inap berperilaku caring kurang baik, 59% pasien merasa puas,
41% pasien tidak puas. Diharapkan perawat dapat meningkatkan perilaku caring
terhadap pasien dengan memperhatikan sikap senyum dan mendengarkan keluhan pasien
dengan tulus dan ikhlas. Rumah sakit diharapkan memperhatikan perilaku caring perawat
terhadap pasien.
Kata kunci : Caring perawat, kepuasan pasien
ABSTRA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@universitasalirsyad.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:25
Last Modified: 12 Sep 2024 02:33
URI: http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item