ERLINA, SARI, 110322052 (2023) HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN IBU DALAM KELAS IBU BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI DESA TEGALSARI KECAMATAN SIDAREJA TAHUN 2023. Skripsi thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.
COVER DAN PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Download (115kB)
BAB 1.pdf
Download (1MB)
BAB 2.pdf
Download (1MB)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Pemenuhan gizi secara tepat, lengkap dan seimbang pada balita dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Kelas ibu balita merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan balita dalam bentuk tatap muka dalam kelompok. Tujuan kelas ibu balita adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam mewujudkan tumbuh kembang balita yang optimal. Tujuan: mengetahui hubungan keikutsertaan ibu dalam kelas ibu balita dengan status gizi balita. Metode Penelitian: Jenis penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah ibu balita sebanyak 71 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil Penelitian: ibu balita yang pernah mengikuti kelas ibu balita sebagian besar status gizi balita baik (92,6%) sedangkan ibu balita yang tidak pernah mengikuti kelas ibu balita sebagian besar status gizi balita baik (82,4%). Uji analisis data didapatkan nilai pv = 0,014 < α = 0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan yang cukup kuat antara keikutsertaan ibu dalam kelas ibu balita dengan status gizi balita.
Kata Kunci : Kelas, Balita, Status Gizi, Keikutsertaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Kebidanan |
Depositing User: | Pustakawan UNAIC |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 03:48 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 03:48 |
URI: | http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/590 |