HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU MEDIKA LESTARI BANYUMAS

REZA MA’LUFIANA ZUHRI, REZA (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU MEDIKA LESTARI BANYUMAS. Other thesis, Universitas Al-Irsyad Cilacap.

[thumbnail of COVER & PENGESAHAN.pdf] Text
COVER & PENGESAHAN.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas pelayanan keperawatan merupakan faktor kunci dalam menentukan kepuasan pasien di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Medika Lestari Banyumas. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional dengan sampel 35 pasien rawat inap. Instrumen penelitian berupa kuesioner kualitas pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden (68,6%) menilai kualitas pelayanan keperawatan baik, sementara 71,4% menyatakan cukup puas dengan pelayanan. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien (p-value =
0,001, cc = 0,518). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang cukup kuat dan positif antara kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap. Peningkatan kualitas pelayanan keperawatan dapat meningkatkan kepuasan pasien. Rumah sakit perlu mengimplementasikan program peningkatan kualitas pelayanan keperawatan yang komprehensif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas pelayanan secara keseluruhan.

Kata Kunci : Kualitas pelayanan keperawatan, Kepuasan pasien, Rawat inap

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@universitasalirsyad.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:09
Last Modified: 19 Sep 2024 04:09
URI: http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item